INFORMASI
Sistem Integrasi Pengendalian Pembangunan (SiDILAN) merupakan sebuah sarana pengendalian proses pembangunan pada tahun anggaran berjalan yang di desain untuk mengumpulkan data-data progres pembangunan. Data detail progres pembangunan pada tingkat pelaksanaan paket pekerjaan selama ini hanya dimiliki oleh para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Data individual tersebut bersifat krusial dalam identifikasi kelancaran pelaksanaan kegiatan pembangunan karena berfungsi sebagai indikator perjalanan sebuah proyek apakah berjalan baik atau tidak, dan secara kumulatif menjadi sumber data pengambilan kebijakan pembangunan. Sumber utama data pada SiDILAN versi 2.23 berasal dari pelaporan para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) perangkat daerah di seluruh Kabupaten Bogor dengan data tambahan dari kontribusi Kawan SiDILAN (Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan) di masing-masing kecamatan dalam hal pelaporan terdapat masalah ataupun gangguan pelaksanaan proyek. Pelaporan dan pemanfaatan data bersifat timbal balik, maksudnya adalah perangkat daerah selain sebagai pelapor (melalui peran PPK), tetapi juga sebagai pemanfaat rekapitulasi data (melalui peran admin pada perangkat daerah). Selanjutnya Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan di Kecamatan selain berperan sebagai pelapor aktif, juga dapat mengakses data-data rekapitulasi pembangunan dari seluruh perangkat daerah yang sedang dilaksanakan di kecamatannya pada tahun anggaran berjalan, akses data yang selama ini relatif sulit didapatkan oleh pihak Kecamatan. Pengintegrasian sistem pelaporan SiDILAN 2.23 antara lain dilakukan dengan:
- Memanfaatkan pelaporan SiDILAN 2.23 sebagai alat pendorong kepada PPK untuk melaksanakan penginputan data rencana umum pengadaan pada Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) di awal tahun anggaran.
- Menggunakan pelaporan SiDILAN 2.23 untuk mendorong PPK dalam melaksanakan pelaporan peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN).
- Menggunakan pelaporan SIDILAN 2.23 untuk mendorong PPK dalam melaksanakan pelaporan penilaian kinerja penyedia.
Dorongan – dorongan yang kuat melalui peran SiDILAN 2.23 dapat dilaksanakan karena output pelaporannya dimanfaatkan sebagai bagian dari syarat wajib proses pencairan anggaran pada paket pekerjaan yang dilaporkan oleh Bidang Perbendaharaan pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.
Operasionalisasi SIDILAN dilaksanakan atas dasar Peraturan Bupati No. 45 tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengendalian dan Evaluasi Program dan Kegiatan Pembangunan Daerah melalui Sistem Integrasi Pengendalian Pembangunan di Kabupaten Bogor. Perbup tersebut menjadi dasar pengaturan peran para pihak yang terkait dalam proses pengendalian pembangunan, antara lain :
- Peran Bagian Administrasi Pembangunan pada Sekretariat Daerah selaku koordinator dan Admin pelaksanaan kegiatan pengendalian program pembangunan daerah Kabupaten Bogor.
- Peran masing-masing Kepala Perangkat Daerah untuk melaksanakan pemantauan serta pengendalian internal program pembangunan.
- Peran Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk melakukan pelaporan secara berkala.
- Peran kawan SiDILAN (kepala seksi Perekonomian dan Pembangunan di Kecamatan) untuk turut melakukan pemantauan dan pelaporan progres pembangunan secara mandiri di wilayah kerjanya bilamana ditemukan masalah pembangunan.
- Peran Bidang Perbendaharaan pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah untuk menggunakan output hasil pelaporan sebagai salah satu syarat pencairan keuangan untuk paket pekerjaan yang dilaporkan.
Sistem Integrasi Pengendalian Pembangunan (SIDILAN) versi 2.23 terbagi atas dua tampilan utama, yaitu domain publik dan domain privat. Domain publik merupakan tampilan dashboard yang berisikan informasi dasar yang bisa di akses terbuka melalui jaringan internet. Domain publik ini memberikan gambaran dasar serta ruang lingkup operasionalisasi SIDILAN 2.23. Dashboard publik terdiri atas beranda, profil, informasi, kontak serta akses masuk menuju domain privat. Sementara itu, domain privat merupakan area yang terdiri atas data – data dengan informasi untuk akses terbatas. Aksesibilitas data dapat di bagi menjadi :
- Admin Setda dengan aksesibilitas utama sebagai main role yang mengendalikan user lainnya.
- Admin Perangkat Daerah merupakan peran dari wakil Perangkat Daerah untuk mengendalikan role PPK, admin ini memilliki akses penuh untuk melihat informasi yang tersedia atas laporan progres pelaksanaan kegiatan oleh PPK dalam satu perangkat daerah.
- User Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada perangkat daerah difungsikan sebagai sumber data utama data program pembangunan, sehingga PPK hanya dapat mengakses data terbatas untuk kegiatan yuang berada dalam batas tanggung jawabnya.
- User kawan SiDILAN terdiri atas para Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan di Kecamatan yang dapat mengakses kegiatan-kegiatan pembangunan perangkat daerah yang berada di wilayahnya dan dapat melaporkan, menginformasikan, mempertanyakan perihal progres pembangunan paket pekerjaan tertentu.
- Domain privat dapat diakses oleh user tersebut di atas dengan mengakses jendela masuk kolom paling kanan di atas. Bilamana diperlukan koordinasi, pelaporan ataupun ingin memperdalam fungsi dan manfaat SiDILAN 2.23 dapat menghubungi Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Bogor pada telepon ataupun email pada jendela kontak.